Danau Batur Kintamani Bali

Danau Batur Kintamani Bali
Danau Batur Kintamani
Danau Batur Kintamani

Danau Batur adalah danau kawah di Kintamani yang terletak di Kabupaten Bangli Bali. Danau batur berada di dalam kaldera gunung berapi aktif. Dan Gunung Batur terletak di sepanjang, aktivitas vulkanis Cincin Api Pasifik.

Luas danau mencapai 16 km2, dengan kedalaman sekitar 60 meter, terletak di ketinggian 1.050 mdpl, sehingga kawasan ini berhawa sejuk, lokasinya di lereng gunung membuatnya tampil indah, berpadu serasi dengan pemandangan bukit, lembah dan gunung.

Daya Tarik Wisata
Potensi wisata kawasan danau batur ini adalah pemandangan pegunungan, danau, alam yang sangat unik dan menakjubkan.

Perjalanan Menuju Danau Batur
Kira-kira 2 jam perjalanan dari Kota Denpasar, Anda akan sampai di kawasan danau batur, tepatnya di tempat yang disebut Penelokan, yaitu dalam bahasa Bali yang berarti tempat untuk melihat-lihat. Merupakan lokasi yang paling tepat dan strategis untuk menikmati pemandangan alam di kawasan wisata ini. Penelokan terletak di Kedisan, salah satu desa di Kec. Kintamani.

Dari Penelokan kita bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan. kombinasi antara Gunung beserta hamparan bebatuan hitam dengan Danau Batur yang berbentuk bulan sabit berwarna biru. Sebuah kaldera yang dikatakan oleh wisatawan-wisatawan sebagai kaldera terindah di dunia. Penelokan  juga sudah mempunyai infrastruktur cukup memadai sebagai tempat wisata, antara lain penginapan maupun restoran.

Dari Penelokan anda mempunyai dua alternatif untuk melanjutkan perjalanan di Kintamani. Pertama anda bisa melanjutkan ke arah utara menuju Desa Batur. Di desa ini anda bisa berkunjung ke salah satu pura kahyangan jagat di Bali yang bernama Pura Batur. Pura batur pada awalnya terletak di sebelah barat daya Gunung batur yang kemudian dipindahkan bersamaan dengan pindahnya warga desa ke bagian atas.

Alternatif kedua anda bisa turun ke pusat Desa Kedisan untuk selanjutnya menyeberang melintasi danau ke sebuah desa yang bernama Terunyan. Di Desa Terunyan anda bisa melihat peradaban Bali kuno yang disebut Bali Aga. Di desa truyan orang-orang yang sudah meninggal tidak dikubur akan tetapi diletakan saja di bawah sebuah pohon. Dan Mayat-mayat ini tidak mengeluarkan bau busuk sama sekali.

Fasilitas :
Di obyek wisata Kawasan Batur tersedia tempat parkir, restoran, rumah makan, penginapan, toilet, serta warung-warung minuman dan makanan kecil. Fasilitas angkutan umum dan angkutan penyeberangan juga tersedia.

Kunjungan :
Obyek wisata Kawasan Batur ramai dikunjungi oleh wisatawan nusantara dan mancanegara. Kunjungan yang paling menonjol sekitar bulan Agustus sampai Desember, saat menyambut Tahun Baru dan suasana Tahun Baru. Demikian pula pada hari-hari Raya Galungan, Idul Fitri dan Hari Raya Natal, bahkan sering dikunjungi oleh tamu negara baik dari dalam maupun tamu dari luar negeri.